APA ITU POWER TRANSFER UNIT
Sebelum masuk ke topik pembahasan kita perlu tau apa fungsi dari PTU itu sendiri untuk pesawat. Jadi fungsinya disini sebagai alternatif power yang digunakan pada saat Main system gagal untuk beroperasi.
PTU ini berlokasi dibagian keel beam, tepatnya di depan standby reservoar. PTU ini akan beroperasi jika system B EDP ( Engine driven pump ) tekanannya hilang,flap tidak naik tetapi kurang dari 15° dan pesawat terbang di udara. PTU sendiri terdiri dari hydraulic motor yang terhubung ke hydraulic pump. Motornya digerakkan oleh tekanan hydraulic system A dan pompanya mensuplai tekanan ke bagian leading edge devices menggunakan system B hydraulic fluid.
Tidak ada pertukaran cairan antara system A dan system B.
Power transfer unit ( PTU ) system menyediakan alternatif power untuk auto slat operasi jika system B EDP tekanannya lost. Jadi alternatif powernya hanya di aplikasikan ke bagian leading edge devices. PTU menggunakan tekanan system A untuk menggerakkan cairan atau fluid system B tanpa mentransfer fluid diantara kedua system ( system A dan system B ). PTU berisi dalam satu rakitan integral, hydraulic motor dan hydraulic pump yang disatukan oleh poros penggerak.
Electric motor mengoperasikan control valve untuk membuka dan menyediakan tekanan system A untuk menggerakkan motor. Motor menggerakkan pompa yang menggunakan cairan system B dari reservoar untuk menyediakan tekanan untuk meng extend leading edge devices diantara retract dan full extend posisi.
Filter, Hyd fuse,dan chk valve ditempatkan dijalur tekanan pompa untuk memberikan filtrasi,emergency shut off, dan back flow control.
Sekian untuk penjelasan tentang apa itu pwer transfer unit pada pesawat.
Beri gambar sebagai ilustrasi nya gun, saran sihhh
ReplyDelete