Hydraulic pump pada pesawat
Sebagaimana Hydraulic sistem yang sangat dibutuhkan bagi pesawat untuk menggerakkan beberapa sistem,seperti Flight control,Auto flight,Landing gear,dan Thrus reverse system. Perlu kita ketahui bahwa Hydraulic system yang ada di pesawat mempunyai beberapa sumber Pressure nya yang perlu kita ketahui seperti :
- EDP ( Engine driven pump )
- EMDP ( Electrical motor driven pump )
- Standby electric motor driven pump
EDP
Adalah salah satu dari dua sumber tekanan untuk system A dan B Hydraulic system. EDP ini bisa mensuplai 22 gpm ( Galon per minute ) pada 3000 psi dan dipasang disisi kiri bagian bawah Engine. EDP di gerakkan melalui Splined shaft oleh Engine accesory gear box.
EMDP
Setiap system A dan B mempunyai satu EMDP. EMDP bisa mensuplai 6.0 gpm pada 2700 psi untuk setiap A dan B Hydraulic system. Rakitan pompanya terpasang pada dudukan yang menyerap getaran dan terletak di bagian sebelah kiri dan kanan di area Landing gear wheel well. Mereka dikendalikan oleh Switch yang berada di dalam kokpit pesawat.
Standby EMDP
Untuk rakitan/pompa ini terpasang dibagian belakang Standby reservoar yang berlokasi di bagian Keel beam.
Standby EMDP ini mensuplai maksimum 3 gpm yang diatur pada nominal 3000 psi.
Sekiranya cukup untuk sekedar menambah sedikit pengetahuan kita tentang hidrolik sistem pada pesawat.
No comments:
Post a Comment