Tujuan dari Pneumatic system adalah untuk mensuplai Bleed air ( Udara bertekanan ) dari Stage 5 dan Stage 9 yang di ambil dari Engine compressor atay dari APU atau dari Ground cart. Udaranya didistribusikan dari Pneumatic manifold untuk digunakan pada Air conditioning pack,wing dan Cowl thermal anti ice (TAI),Engine starting system,Potable water system dan untuk Hydraulic reservoar.
Suplai utama Bleed air ke Manifold didapatkan langsung dari Engine stage 5 compressor. Udara dari stage 5 selalu di suplai ke Pneumatic manifold kecuali pada saat Engine idle atau Low engine thrust setting. Ketika ini terjadi Bleed air stage 9 secara otomatis digunakan. Udara dari stage 5 dan 9 Bleed port dikontrol melalui Engine bleed control system. APU bleed air atau Pneumatic ground cart bleed air paling utama digunakan Eng starting dan untuk AC pack operation pada saat di darat. APU juga bisa digunakan sebagai alternatif Bleed air untuk pesawat pada ketinggian 17ribu Ft.
Pneumatic manifold menghubungkan Eng bleed system dan APU, dan mendistribusikan Bleed air ke system yang membutuhkan.
Pneumatic manifold mempunyai Valve untuk mematikan Bleed air disetiap Engine,APU dan mengisolasi Left dan Right hand system.
Setiap Engine bleed system mempunyai Bleed air temperature control sub system. Yang mana terdiri dari Precooler,Precooler control valve dan Precooler control valve sensor. Eng bleed air temp di kontrol secara otomatis ke suhu yang telah ditentukan kapan pun mesin beroperasi dan PRSOV ( Pressure regulator shut off valve ) terbuka.
Temperatur di sensed pada Precooler bleed air discharge. Sensor akan menyebabkan Precooler control valve untuk dimodulasi terbuka/tertutup sesuai seperti yang diperlukan untuk mempertahankan suhu. Engine fan air digunakan sebagai heat sink untuk Bleed air.
Dua pressure transmitter disediakan untuk Pressure indikasi Bleed air. Satu transmitter digunakan untuk setiap Engine. Kedua pressure transmitter ini terhubung ke Dual pressure indicator pada Overhead panel. Untuk Engine bleed air over temp indikasi terdiri dari over temp switches pada Ducting system. Yang mana terhubung ke Overhead panel trip lights. Temp switch illuminate trip light dan Corresponding Eng PRSOV tertutup kapan Bleed air temp melebihi sekitar 490° F . Dan juga Bleed trip light akan menyala jika ada tekanan berlebih pada Bleed valve inlet.
High stage manifold pada Engine memiliki Bleed air tap provision untuk mensuplai Pneumatic pressure ke pesawat yg dilengkapi dengan system tekanan mesin air minum.
No comments:
Post a Comment